Selasa, 20 November 2012

Jenis Jaringan Komputer


Jenis Jaringan Komputer
Secara umum jaringan komputer dibagi atas lima jenis, yaitu;
1. Local Area Network (LAN)
2. Metropolitan Area Network (MAN)
3. Wide Area Network (WAN)
4. Internet
5. Jaringan Tanpa Kabel

Organisasi menggunakan jaringan komputer untuk melakukan sharing resource dan untuk komunikasi online antar komputer/orang.
Tujuan pengadaan jaringan komputer:
  • Berbagi pakai kelengkapan (hardware)
  • Berbagi pakai software
  • Berbagi pakai data (file, database)
  • Komunikasi dan sinkronisasi
·         
 Metcalfe's law

·         Dua telepon dapat membuat hanya satu sambungan, lima dapat membuat 10koneksi, dan dua belas bisa membuat66 koneksi.

Hukum Metcalfe menyatakan bahwa nilai jaringan telekomunikasi adalah sebanding dengan kuadrat jumlah pengguna yang terhubung dari sistem(n2). Pertama kali dirumuskan dalam bentuk ini oleh George tukang menyepuh emas pada tahun 1993, [1]dan dikaitkan dengan Robert Metcalfedalam hal Ethernet, hukum Metcalfe awalnya disajikan, sekitar tahun 1980,tidak dalam hal pengguna, melainkan dari "perangkat komunikasi yang kompatibel" (misalnya , mesin fax,telepon, dll). [2] Hanya baru-baru inidengan peluncuran internet itu hukum ini membawa ke pengguna dan jaringan sebagai niat aslinya adalah untuk menggambarkan pembelian Ethernet dan koneksi. [3] UU ini juga sangat berhubungan dengan ekonomi dan manajemen bisnis, terutama dengan perusahaan-perusahaan yang kompetitif yang ingin bergabung dengan satu sama lain.
·        
Efek Jaringan
·         Hukum Metcalfe's ciri banyak efek jaringan teknologi komunikasi dan jaringan seperti Internet, jaringan sosial, dan World Wide Web. Mantan Ketua US Federal Communications Commission, Reed Hundt, mengatakan bahwa hukum ini memberikan pemahaman yang paling untuk cara kerja internet. Hukum Metcalfe adalah berkaitan dengan fakta bahwa jumlah koneksi unik dalam jaringan sejumlah node (n) dapat dinyatakan secara matematis sebagai nomor segitiga n (n - 1) / 2, yang sebanding dengan n2 asimtotik.
·         Barang mengkarakterisasi komponen pertama atau efek jaringan intrinsik. Jasa jatuh di bawah komponen kedua dari efek jaringan yang dikenal sebagai pelengkap. Reverse efek jaringan mempromosikan individualisme, yang memungkinkan orang untuk tidak hanya mengikuti sistem, tetapi hampir membuat sendiri.

Keterbatasan 
Hukum Metcalfe lebih merupakan heuristik atau metafora dari sebuah aturan empiris besi-berpakaian. Selain kesulitan mengukur “nilai” dari suatu jaringan, pembenaran matematika hanya mengukur potensi jumlah kontak, yaitu sisi teknologi jaringan> Namun utilitas sosial jaringan tergantung pada jumlah node dalam kontak.


By :  Fandi Sanjaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar